oleh

Pengurusan PBG/IMB Minsel, Masih Minim

Amurang, Swarasuluttv-Sejumlah pengusaha di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), saat bersua dengan wartawan media ini, mengatakan pihaknya mengalami kesulitan untuk mendapatkan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), sebagai pengganti Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). 

Pun begitu dikabarkan Kabupaten Minsel ini, telah menerbitkan dua PBG bagi pengusaha. 

” Kami sejak, beberapa waktu lalu, sudah memasukkan permohonan melalui Dinas PU, namun kami diarahkan untuk mendaftar di SIMBG, selanjutnya mengupload berkas yang diminta. Nah, di level ini kami diperhadapkan pada problema IT,” ujar salah satu pengusaha yang dihubungi wartawan ini. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa memang harus diakui system perijinan bertajuk PBG ini, baru di kalangan masyarakat.” Ada yang faham IT, ada juga yang tidak sama sekali, jadi kami wajib sewa orang untuk Upload di system PBG,” katanya. 

Saat di konfirmasi wartawan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Satu Pintu (DPMPTSP), Ronald Paath, mengatakan bahwa secara teknis pemohon mendaftar langsung di SIMBG yang tersedia. Kemudian diproses secara teknis di Dinas PUPR, selanjutnya ketika sudah di tim. Maka setelah memenuhi syarat baru di bayar sesuai ketentuan, dan di print PBGnya. “Sebenarnya sudah ada 4 (empat) yang dianggap sudah memenuhi syarat. Dua PBG sudah jadi dan diserahkan ke pihak pemohon, sementara duanya lagi, masih berproses,” kata dia.  (Dolviemangindaan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed